BUBUR AYAM MANG HENDRA – Satu rekomendasi dari kota sejuta bubur

Ayo kuliner-an…

 

Di Sukabumi, kita akan sangat mudah untuk mencari menu bubur ayam.  Kita dapat menjumpainya di berbagai sudut kota, baik yang keliling, mangkal di kaki lima, atau berupa rumah makan dan restoran.  Jam jualannya pun ada yang pagi hari maupun sore sampai malam hari. Hal ini menjelaskan bahwa masyarakat Sukabumi, doyan banget makan bubur ayam.

 

Salah satu bubur ayam yang patut untuk dicoba adalah bubur ayam “Barokah Mapat”, yang jualan namanya Mang Hendra.  Lokasinya cukup mudah dicari, karena mang Hendra mangkal di seberang koramil Cikole, di jalan Selabintana, tidak jauh dari  bunderan hotel taman sari.  Mang Hendra sudah jualan di lokasi ini dari tahun 1990, buka dari jam 06.00 sampai siang, serta sore hari jam 17.00 sampai habis.

 

Mapat adalah nama sebuah gang yang ada di pingir jalan siliwangi, cukup jauh dari lokasi mangkalnya. Rumah mang Hendra pun tidak di gang Mapat, lalu kenapa dinamakan barokah Mapat? Ditanya seperti itu mang Hendra menjawabnya dengan santai, “namanya itu dulu dikasih sama pak haji”. Tetapi, para pelanggan setianya lebih suka menyebut  bubur ayam ini dengan sebutan Bubur Ayam Mang Hendra.

 

Apa yang membuat bubur ayam ini mempunyai banyak pelanggan setia? Kalau menurut saya, yang bikin enak adalah olahan buburnya mantap, porsinya pas, tidak bikin eneg, dan banyak senjata rahasianya. Senjata rahasia yang saya maksud adalah aneka makanan pelengkap seperti ati-ampela, telur asin, kroket, martabak telur, dan peujit (pepes usus). Kelihatannya sederhana, dan rata-rata bubur seperti itu.Tetapi, pasti sebagian dari anda ada yang pernah mempunyai pengalaman makan bubur ayam, yang awalnya enak di lidah tetapi lama-kelamaan jadi eneg karena porsinya kebanyakan dan rasa buburnya cenderung hambar. Nah, disini anda tidak akan mengalaminya, karena seperti yang saya bilang porsi dan bumbunya pas. Peujitnya pun enak,rasanya pas, tidak bau.

 

Saat anda datang, langsung pesan saja menu bubur sesuai selera saja ke Mang Hendra. Dia akan melayani anda dengan sigap dan keramahan khas sunda.

                            Mang Hendra sedang menyiapkan pesanan bubur ayam

 

Selamat menikmati bubur ayam di kota sejuta bubur.

 

 

 

 

 

 

One thought on “BUBUR AYAM MANG HENDRA – Satu rekomendasi dari kota sejuta bubur

  1. Pingback: BUBUR AYAM BUNDERAN SUKARAJA – Satu rekomendasi dari kota sejuta bubur « jelajahsukabumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s