Menu

Mode Gelap

Jawa Barat · 13 Nov 2022 23:58 WIB ·

Sekda Kabupaten Sukabumi Ikuti Rakor Inflasi Di Daerah Bersama Kemendagri 


					Sekda Kabupaten Sukabumi Ikuti Rakor Inflasi Di Daerah Bersama Kemendagri  Perbesar

 

Jelajah Sukabumi – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti Rakor Inflasi di Daerah bersama Kemendagri RI secara virtual di Command Center Sekretariat Daerah. Palabuhanratu, Senin (14/11/22).

Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menjelaskan untuk menghadapi natal dan tahun baru pemerintah daerah harus menyikapi persoalan yang berpotensi berdampak pada peningkatan inflasi di daerah.

“Oleh karena itu masing-masing daerah harus segera melaporkan harga harga komoditas di pasar melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)” Ungkapnya

Wamendagri membeberkan sejumlah kebijakan penting yang perlu dilakukan pemerintah daerah (pemda) dalam mengendalikan inflasi. Menurut Wamendagri ada 7 langkah terjadinya penurunan inflasi di daerah diantaranya, melaporkan hasil pantauan harga komoditas bahan pokok, merealisasikan belanja tidak terduga, memberikan bantuan transportasi dari APBD, melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait, melaksanakan sidak pasar dan distributor, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi serta melaksanakan pencanangan gerakan menanam.

Salah satunya kebijakan tersebut adalah menggalakkan gerakan tanam pangan cepat panen, seperti cabai dan bawang. Tujuannya, untuk mencukupi ketersediaan pangan rumah tangga. Untuk itu, pemda perlu membangun kerja sama antar daerah dalam memenuhi kekurangan komoditas.

“kinerja Tim PID harus di tingkatkan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk meredam inflasi di daerah. Para pemangku kebijakan pun harus merespons cepat perkembangan harga komoditas dari waktu ke waktu” Pintanya

Selain itu tambah Wamendagri, pemerintah daerah terus mendukung terciptanya ekosistem stabilitas harga dengan menjaga keseimbangan dari sisi pasokan produsen dan konsumen, serta mendorong produktivitas pangan. dengan mengacu pada strategi 4K, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, serta komunikasi efektif.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kab. Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, persentase keseluruhan inflasi daerah saat ini diangka 5,71 persen, untuk Kabupaten Sukabumi di angka 5,7 persen. Dengan begitu pemerintah daerah akan berkerjasama dengan TPID dalam pemantauan komoditi harga pasar.

“Kali ini kita akan melaksanakan langsung sidak pasar, dalam rangka persiapan natal dan tahun baru bagaimana kondisi harga komoditi ini apakah cocok dengan pusat atau tidak” Terangnya

Sekda Ade menjelaskan, untuk harga bahan pokok dipasar Palabuhanratu saat ini masih stabil sesuai dengan harapan pemerintah, bahkan ada juga bahan pokok yang mengalami penurunan harga.

“Hasil sidak hari ini harga harga di pasaran stabil bahkan ada juga yang turun, mudah-mudahan ini tidak terjadi inflasi di Kab. Sukabumi” Tandasnya

 

Sumber : Pemkab Sukabumii

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mancing Bareng Sadulur Di Hari Bakti DPU Kabupaten Sukabumi Yang Ke-77

27 November 2022 - 02:03 WIB

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Menghadiri Diseminasi Keputusan Bupati Tentang Tim Akselerasi Proyek Prioritas RPJMD

22 November 2022 - 17:10 WIB

Polisi Gerebek Saung Ditepi Sawah Yang Dijadikan Tempat Judi Kartu

16 November 2022 - 05:57 WIB

Wabup Sukabumi Launching Gerakan Aksi Deteksi Dan Intervensi Stunting

15 November 2022 - 01:04 WIB

Pimpin Upacara HKN Ke-58, Bupati Sukabumi: Momentum Bagi Kita Untuk Bangkit Dan Sehat

13 November 2022 - 00:34 WIB

Dukung Kontigen Kab.Sukabumi, Wabup Dan Sekda Hadiri Pembukaan PORPROV XIV

13 November 2022 - 00:25 WIB

Trending di Jawa Barat